Saturday, June 21, 2014

SIMULASI MESIN ATM MENGGUNAKAN VISUAL BASIC 6.0

SIMULASI MESIN ATM MENGGUNAKAN VISUAL BASIC 6.0 


Ferdy Agusman (131421047)

 Amad Arif Abdi Dalimunthe(131421040)

 Maha Perdana (131421046)

 Dani Setiawan(131421041)

SIMULASI MESIN ATM


ATM(bahasa Indonesia: Anjungan Tunai Mandiri atau dalam bahasa Inggris: Automated Teller Machine) adalah alat elektronik yang disiapkan oleh bank yang kepada pemilik rekening yang dapat digunakan untuk bertransaksi secara elektronis seperti mengecek saldo, mentransfer uang dan juga menarik tunai dari mesin ATM tanpa perlu dilayani oleh seorang teller. Setiap pemegang kartu diberikan PIN (personal identification number), atau nomor pribadi yang bersifat rahasia untuk keamanan dalam penggunaan ATM.


Sejarah ATM
Penemu Mesin ATM Adalah Donald C. Wetzel, ilmuan asal Amerika Serikat, ide cemerlangnya itu bermula pada tahun 1968, yang kemudian dikenal dengan nama automatied teller machine (ATM). Bagi Wetzel, ide mesin  ATM itu ditujukan untuk menggantikan fungsi teller dalam melayani transaksi nasabah.
Tepat pada 2 September 1969, mesin ATM Wetzel untuk pertama kalinya digunakan secara komersial oleh Chemical Bank, New York. Saat itulah industri perbankan di dunia mengenal mesin ATM modern pertama yang menggunakan kartu plastik ber-strip magnetik dan sukses diterima bank-bank di Amerika Serikat.
Namun, mesin ATM Wetzel bukanlah yang pertama saat itu. Cikal bakal ATM itu sudah diperkenalkan sejak 1939 oleh Luther George Simjian. Sayangnya, pihak bank waktu itu masih tidak bisa menerima pemikiran bahwa sebuah mesin dapat menggantikan pekerjaan manusia melayani nasabah. Bahkan, permintaan mesin ATM kala itu masih sangat kecil. Alhasil, ATM temuan Simjian itu tidak sukses dipasaran.
Karena faktor itulah, Smithsonian’s National Museum of American History, lebih memilih mencatat nama Donald Wetzel sebagai penemu ATM  dan   pada  tahun 1973, dari total 2.000 ATM yang beroperasi di Amerika Serikat, sebagian besar adalah model  buatan Donald c. wetzel (perusahaan tempat Wetzel bekerja).
Baru pada 1974, perusahaan bernama Diebold asal Amerika Serikat, berhasil mengaplikasikan ATM yang langsung terhubung secara online dengan bank, sehingga mesin ini makin bisa memenuhi permintaan industri perbankan.


Cara Kerja Mesin ATM
Jika kita  ingin bertransaksi menggunakan ATM, kita hanya tinggal memasukkan kartu ATM ke dalam mesin. Setelah kartu ATM dimasukkan kedalam mesin, maka kartu akan dibaca oleh magnetic card reader yang ada didalam mesin. Fungsi dari magnetic card reader adalah sebagai pembaca dan penerima data. Setelah data dibaca, lalu data tersebut dikirim ke sistem komputerisasi bank.
Saat mesin berhasil membaca data dalam kartu ATM , maka mesin akan meminta nomor PIN (Personal Identification Number). PIN ini tidak terdapat di dalam kartu ATM melainkan kita harus memasukkannya sendiri. Kemudian setelah kita memasukkan PIN, maka data PIN tersebut akan diterjemahkan (di-encrypt) dengan rumus tertentu dan dikirim ke sistem komputerasi di bank yang bersangkutan. Pengacakan data PIN ini dimaksudkan agar data-datakita tidak bisa terbaca oleh pihak lain.
.Setelah data-data kita selesai diproses di sistem komputer bank, maka data-data kita akan dikirim kembali ke ATM. Dan kita akan mendapatkan apa yang kita minta di mesin ATM tersebut seperti uang tunai, cek saldo, transfer tunai, dan sebagainya.
Pada sebuah kartu ATM terdapat garis yang dinamakan Magnetic  Chip. Magnetic Chip tersebut mempunyai fungsi sebagai sensor pendeteksi identitas pemilik kartu ATM. Magnetic Chip sangat sensitif dengan berbagai keadaancontohnya  apabila  Magnetic Chip tergesek oleh sebuah benda maka Magnetic Chip  tersebut akan kehilangan fungsinya.
Ada dua hal penting yang harus dijaga agar transaksi kita di ATM aman, yaitu: Kartu ATM dan  PIN. Kedua perangkat ini saling berhubungan erat, sehingga kita harus selalu ingat nomor PIN dan menjaga agar kartu ATM  kita tidak hilang
Manfaat Mesin ATM
1.ATM dapat menghemat waktu dan biaya tanpa kita harus datang langsung ke Bank yang     bersangkutan.
2.ATM digunakan dengan system jaringan (Network) dapat menggunakan  berbagai alat telekomunikasi modern  untuk  menyediakan  kecepatan  transmisi  yang  tinggi.
3.ATM dapat menarik dana dengan cepat.
4.ATM mampu menangani semua jenis trafik komunikasi (data, gambar, video, suara dengan kecepatan tinggi dan sebagainya)  dalam satu  saluran.

             
             Untuk download programnya klik DISINI



1 comment:

  1. gan boleh saya minta source codenya atau saya beli juga boleh

    ReplyDelete